Saya Adalah.......

Selasa, 29 Maret 2011

Koffie or Coffee or Kopi......... :)

KOPI.


Adalah sebuah minuman yang berasal dari ekstrak biji kopi dan diolah sedemikian rupa. Minuman kopi ini, sedang trend sejak beberapa tahun belakangan ini. Di beberapa daerah, terutama di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dll, mulai bermunculan bisnis2 cafe, yang intinya menjual kopi dengan berbagai macam jenis dan rasa. Bahkan bukan hanya gerai cafe yang menjual kopi, gerai donat atau bakery pun turut memasang kopi sebagai salah satu item yang dapat dibeli oleh para pengunjungnya.

Ada berbagai macam rasa kopi yang sudah dimodifikasi sesuai dengan inovasi dan selera masing-masing creatornya. Sebut saja caffe latte, cappuccino, macchiato, espresso, dll. Atau hanya black coffee, alias kopi
tubruk tanpa gula.
Disini saya akan coba menulis asal muasal atau sejarah nama kopi.
Kopi berasal dari bahasa Arab, qahwah yang berarti kekuatan. Ternyata, pada awal mula dahulu kala, kopi ini dijadikan makanan dengan energi yang tinggi. Kata qahwah, kemudian diubah menjadi kahveh yang merupakan bahasa Turki, lalu kemudian berubah lagi menjadi koffie yang merupakan bahasa Belanda.
Kata Koffie inilah yang kemudian disadur menjadi kopi, dan digunakan dalam bahasa Indonesia.
Pada umumnya, orang mengenal kopi yang terdiri dari 2 macam jenis.


1. Arabica (yang merupakan jenis yang berkualitas tinggi)
                                                             Kopi Arabica
2. Robusta

                                                                                  Kopi Robusta

Kopi ditemukan sebagai minuman berkhasiat dan berenergi tinggi, oleh bangsa Ethiopia. Dan berkembang terus sampai sekarang menjadi minuman yg populer dan digemari berbagai kalangan masyarakat.
Selain rasa dan aromanya yang menggoda, kopi juga dikenal memiliki berbagai khasiat, misalnya menurunkan risiko diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN KOMENTAR